Atasi Listrik Padam Sebelum Tukang Listrik Datang

admin

Pernahkah Anda mengalami listrik padam di rumah? Apakah hanya rumah Anda yang mengalami pemadaman listrik, atau banyak rumah juga? Apabila banyak rumah lain yang mengalami pemadaman, maka kemungkinan besar maka pemadaman listrik tersebut berasal dari sambungan induk dari PLN. Tapi jika hanya di rumah Anda saja yang sedang mengalami pemadaman listrik, maka kemungkinan besar listrik di rumah Anda saja yang mengalami masalah. Anda bisa segera menghubungi tukang listrik yang profesional untuk mengatasi masalah pemadaman tersebut. Namun tidak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu memeriksa penyebab listrik padam di rumah.

Anda bisa memeriksa posisi MCB (Miniature Circuit Breaker) di rumah Anda. Fungsi MCB (Miniature Circuit Breaker) atau Miniatur Pemutus Sirkuit sebagai pelindung rangkaian listrik di rumah dari arus yang berlebihan.  MCB bisa anda temui di bagian luar rumah yang berbentuk seperti saklar di bawah meteran listrik. Ketika arus listrik yang melewati MCB melebihi nilai yang ditentukan, maka arus listrik secara otomatis diputus oleh MCB tersebut.

Tukang Listrik

Jadi ketika listrik di rumah Anda tiba-tiba padam, periksalah posisi MCB tersebut dalam posisi “On” atau “Off”. Bila posisi MCB berada pada kondisi “Off”, maka cobalah untuk menyalakannya kembali ke posisi “On”. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi, anda akan berhasil menyalakan kembali listrik dengan berubahnya posisi MCB tersebut, atau posisi MCB kembali lagi ke ke posisi “Off” dan listrik gagal menyala. Apabila MCB kembali ke posisi “Off” maka lepaskanlah seluruh beban listrik yang ada di rumah. Matikan semua lampu yang dalam kondisi menyala dan cabutlah seluruh steaker peralatan elektronik Anda dari stop kontak, kemudian coba nyalakan kembali MCB ke possisi “On”.

Apabila MCB menyala normal, selanjutnya nyalakan lampu satu persatu, dan colokkan kembali steaker pad stop kontak satu persatu. Kemungkinan pertama, pemakaian listrik di rumah melebihi batas daya yang diberikan oleh PLN. Jadi jika daya di rumah Anda hanya 1300 tapi pemakaiannya melebihi itu maka tentu saja kapasitas listrik di rumah Anda tidak kuat. Maka cobalah mengurangi pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang memiliki watt besar, atau anda bisa meminta tambah daya pada petugas PLN. Namun, jika daya yang Anda gunakan tidak melebihi kapasitas daya di rumah Anda maka kemungkinan kedua terdapat masalah pada alat listrik yang rusak atau korsleting. Caranya cukup mudah, jangan nyalakan atau lepaskan steaker alat listrik yang menjadi sumber masalah padamnya listrik tersebut. Alat listrik tersebut mungkin mengalami korsleting atau  salah satu kabelnya terkelupas. Nah, jika menemukan permasalahan kedua maka sebaiknya Anda memanggil tukang listrik untuk memastikannya.

Jika MCB kembali ke posisi “Off” atau listrik tidak bisa dinyalakan padahal seluruh alat listrik telah dilepas, maka kemungkinan besar masalah terletak pada stop kontak terbakar atau korsletik pada jalur utama instalasi listrik di rumah Anda. Biasanya kabel korslet ditandai dengan bau hangus atau terbakar dan kabel yang terkelupas, jika pada stop kontak terlihat bekas hangus pada lubangnya. Mintalah bantuan jasa tukang listrik untuk mengatasinya.

Demikian juga ketika listrik padam dalam kondisi MCB “ON” namun hanya di rumah Anda saja, maka kemungkinan besar terputusnya aliran listrik dari sambungan kabel yang terlepas atau putus antara KWH meter ke MCB. Tukang listrik akan memeriksa fungsi MCB tersebut, karena  bisa jadi MCB itu sudah rusak. Rangkaian mekanis dalam MCB bisa saja mengalami penutrunan kualitas akibat dari pemakaian jangka panjang sehingga komponen di dalam MCB mengalami kerusakan. Solusinya hanya satu, mengganti MCB tersebut dan melapor pada pihak PLN.

Tags: ,

Leave a Reply