Inilah Beberapa Kesalahan Umum Saat Diskon Ramadhan yang Jadikan Uang Ludes

admin

Pada dasarnya, belanja adalah suatu aktivitas untuk bisa memenuhi kebutuhan keseharian. Jika menyebut kata belanja, maka tak akan bisa lepas dari hobi dari para kaum hawa. Bahkan banyak juga wanita yang menyebut jika belanja mampu merilis semua rasa stres dan tekanan yang dialami sehingga kembali bahagia. Mengingat sebentar lagi Ramadhan sudah tiba, maka tak heran jika banyak sekali para wanita yang menantikan diskon Ramadhan untuk hadir.

Diskon Ramadhan 2018

Tak dapat dipungkiri jika kebutuhan akan segala sesuatu saat bulan Ramadhan cukup besar sehingga belanja menjadi hal yang umum. Meski demikian, bagi para penghobi belanja, belanja justru kerap dimanfaatkan sebagai momen untuk habiskan uang, terutama ketika diskon datang. Hal ini tentu tak baik untuk kesehatan keuangan Anda karena dengan menghamburkan uang saat diskon, maka sama saja dengan pemborosan. Tentu ini tak baik untuk dompet Anda mengingat setelah Ramadhan, maka Lebaran datang dimana di momen Lebaran ini biasanya pengeluaran juga tak sedikit.

Biasanya banyak sekali konsumen yang tak menyadari bahwa diskon ini bisa jadi musuh besar juga untuk dompet Anda. Tahu-tahu uang di dompet dan rekening sudah ludes begitu saja. Tentu Anda tak mau demikian bukan? Berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari jika ingin manfaatkan diskon Ramadhan:

  • Tidak memiliki daftar belanja

Daftar belanja merupakan catatan yang bisa Anda tulis untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang dibeli. Ingat, disini yang dibicarakan adalah kebutuhan, bukan sekedar keinginan. Untuk itu betengi diri Anda dari pengeluaran tak terduga dengan adanya daftar belanja sehingga Anda bisa konsisten saat belanja. Namun banyak juga konsumen yang kerapkali menyepelekan daftar belanja ini sehingga dirinya bisa lepas kontrol saat belanja tiba.

  • Tidak ada target pengeluaran

Belanja lewat supermarket atau situs belanja online sekalipun hasilnya akan sama saja jika Anda tak memberikan batasan budget belanjanya. Target pengeluaran ini akan berbanding lurus dengan catatan di daftar belanja nantinya. Untuk itu tetapkan dulu target berapa uang yang akan Anda keluarkan saat belanja nanti, misalnya 500 ribu atau 1 juta. Jika memang sekiranya total barang mendekati anggaran, maka berhentilah belanja.

  • Buru-buru saat belanja

Memang sudah sangat dihafal sekali jika berburu barang diskon selalu identik seperti kompetisi antar pemburu diskon. Tak heran jika banyak sekali yang buru-buru dalam membeli barang karena tak sempatnya waktu untuk berpikir. Namun hal ini sebetulnya adalah trik dari para penjual sehingga para konsumen buru-buru dalam belanja sehingga tak bisa berpikir jernih agar barangnya semua laku terjual. Seharusnya di momen seperti ini, Anda harus tetap bisa berpikir dingin. Cobalah ambil barang yang sekiranya butuh, namun sebelum ke pembayaran, pikir ulang dan sortir lagi mana saja barang yang tak dibutuhkan lalu kembalikan ke tempatnya.

  • Belanja dekat Lebaran

Jika Anda mempersiapkan pembelanjaan tersebut untuk kebutuhan Lebaran, maka usahakan belanja sejak jauh hari. Alasannya karena semakin dekat waktu Lebaran, maka harga hampir semua barang akan naik secara signifikan sehingga sayang sekali jika Anda belanja di waktu tak tepat ini.

Jika sudah tahu kesalahan yang kerap dilakukan untuk hadapi diskon Ramadhan, maka Anda harus sebisa mungkin untuk berusaha menghindarinya. Jadi jernihkan pikiran dan mulai tata keuangan untuk hadapi Ramadhan dan Lebaran yang sudah mendekat.

Tags: ,

Leave a Reply